Professional Personal Shopper – Indonesia

Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Benar

Kompor gas merupakan peralatan rumah tangga yang kebersihannya wajib anda jaga. Tujuannya agar bekas cipratan air, minyak, kuah, maupun sisa-sisa yang lainnya tidak sampai menempel dan malah menyebabkan jamur. Selain itu, tujuan membersihkan kompor gas adalah agar tampilan kompor anda tetap kinclong sehingga akan membuat anda semangat untuk memasak. Maka dari itu, anda harus membersihkannya secara rutin.

Berikut ini cara-cara yang bisa anda lakukan untuk membesihkan kompor gas:

  1. Rendam ring kompor

Cara pertama adalah anda harus merendam ring kompor anda. Namun, jika ternyata ring anda tidak bisa dilepas karena menyatu, maka anda harus melepaskannya dengan melihat cara yang sudah disediakan pada buku manual. Yang harus anda lakukan adalah dengan merendamnya di air panas yang sebelumnya sudah anda tambahkan sabun cuci piring.

Waktu perendaman kurang lebih 2 sampai 3 jam. Setelah itu, anda sikat ring tersebut sampai nanti kerak terangkat semuanya dan tinggal anda bilas.

2. Membersihkan tungku kompor

Setelah merendam ring, maka anda mulailah membersihkan tungku kompor. Ingat, anda tidak boleh sembarang membersihkannya karena anda harus menggunakan krim khusus. Krim khusus yang kami maksud adalah campuran air dan sabun atau krim yang memang digunakan untuk membersihkan kompor. Anda tinggal melihat petunjuk penggunaan pada kemasan krim khusus tersebut dan lakukan seperti yang sudah diperintahkan.

Setelah itu, anda tinggal mendiamkan selama kurang lebih 10 menit agar supaya lemak dan kotoran atau kerak mulai luruh sehingga mudah dibersihkan. Jika ternyata masih belum bisa, maka anda bisa menyikatnya terlebih dahulu sampai nanti anda tinggal membilasnya sampai bersih.

3. Bersihkan permukaan kompor

Permukaan kompor harus dibersihkan secara rutin dan jika perlu tiap kali anda selesai memasak. Hal ini karena permukaan mudah sekali terkena tumpahan minyak, air, atau kuah sehingga menimbulkan kerak. Maka dari itu anda harus membersihkan permukaan kompor tersebut dengan menggunakan cairan khusus, misalnya baking soda.

Anda tinggal melarutkan baking soda secukupnya dengan air hangat dan lalu anda semprotkan pada permukaan kompor. Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti campuran jeruk nipis dan juga cuka apel.

4. Cek selang tabung gas

Yang tidak kalah penting adalah melakukan pengecekan terhadap selang tabung gas secara rutin. Anda tinggal mengelap bagian luar selang yang dirasa lembab atau mungkin terdapat tetesan air atau minyak. Bersihkan juga regulatornya. Anda juga harus memastikan bahwa tekanan pada gas normal dan tidak mengalami masalah. 

Leave a Reply