Professional Personal Shopper – Indonesia

4 Cara Menata Rumah Sempit Agar Tetap Menarik

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menata rumah sempit. Salah satunya adalah dengan mengambil sebuah inspirasi dari berbagai jenis rumah yang ada di Jepang. Kita tahu bahwa rumah di Jepang tidak selalu hadir dengan space yang luas.

Beberapa rumah di sana malah memiliki luas tanah yang sempit, namun tetap terlihat indah. Dengan begitu, semua orang yang datang ke sana tetap merasa nyaman dan bahkan tidak sadar jika sebenarnya space di rumahnya sempit.

Lalu bagaimana cara menata rumah sempit tersebut agar tetap menarik? Berikut ini akan kami berikan jawabannya.

1. Pilihan warna dan material

Kita tahu bahwa rumah di Jepang mayoritas mengambil material dari kayu dan bambu. Hal ini membuat pemilihan warna juga harus menyesuaikan. Biasanya, warna umum yang dipakai yaitu monokrom putih, hitam, dan juga keabuan.

Untuk sentuhan warna yang lain biasanya berhubungan dengan warna bumi, seperti beige, coklat muda, krema, dan lain sebagainya.

2. Pemilihan perabot

Memilih perabot juga harus diperhatikan agar tidak membuat rumah yang kita huni semakin terlihat sempit. Kita tahu bahwa furnitur yang dipakai di rumah Jepang kebanyakan memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan ukuran standar pada umumnya.

Memilih perabot yang berukuran kecil bisa bermanfaat untuk memberikan sirkulasi udara di dalam ruang. Dengan begitu, ruangan tidak terasa panas dan tetap nyaman sehingga bisa membuat para penghuni rumah betah di sana.

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan menyediakan meja yang memiliki ukuran 30 sampai 50 cm. Setelah itu anda tambahkan karpet dan beberapa bantal duduk. Anda bisa menerapkan konsep ini untuk ruang tamu, ruang keluarga, maupun juga bisa diterapkan di ruang makan.

3. Manfaatkan pencahayaan alami

Salah satu konsep rumah di Jepang yang masih melekat sekarang adalah penggunaan cahaya alami. Terlebih untuk rumah sempit, anda membutuhkan pencahayaan agar rumah anda tetap terlihat nyaman. Maka dari itu, pandai-pandailah memanfaatkan pencahayaan alami.

Penggunaan cahaya alami juga sangat bermanfaat karena anda tidak perlu terus menyalakan lampu. Ketika malam hari, mungkin anda bisa membuat pencahayaan dari lampion seperti di Jepang, seperti penggunaan lampu meja atau lampu tidur.

4. Pintu geser

Cara menata rumah sempit yang terakhir adalah menerapkan pintu geser. Bukan hanya itu, jendela pun juga bisa anda terapkan konsep ini yang nantinya membuat rumah anda tetap menarik meskipun memiliki ruangan yang sempit.

Tidak hanya itu, ruangan yang awalnya terpisah bisa langsung digabungkan dengan adanya pintu geser ini. Anda juga bisa menambahkan aksesori yang lain seperti tirai.

Demikian penjelasan kami tentang cara menata rumah sempit agar tetap menarik dengan menerapkan konsep rumah di Jepang. Jika anda membutuhkan peralatan rumah tangga, anda bisa menghubungi Informa, IKEA, dan juga Ace Hardware. Anda juga bisa menghubungi nomer WhatsApp di sini.

Leave a Reply